Senin, 20 Mei 2013

Education Of Islamic Economics For Children


"Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah. Kedua orang tuanya lah yang menjadikannya nasrani, yahudi atau majusi.
(HR. Bukhari).
                                                                                             

Selamat  Anda Telah menjadi Orang Tua…….
Seorang bayi mungil yang lahir dari cinta kasih kita, adalah karunia Allah yang tak terhingga.Dia adalah curahan kasih sayang kita para orang tua.Menyaksikan dia tumbuh,mengasuh dan mendidik dengan penuh cinta dan kasih sayang adalah kebahagiaan bagi setiap orang tua. Bahkan sejak dalam kandungan kita telah memberikan dasar – dasar pendidikan. Jika anak sejak dini telah mendapatkan pendidikan Islam, ia akan tumbuh menjadi insan yang mencintai Allah dan Rasul-nya serta berbakti kepada orangtuanya.
Orang tua sudah seharusnya mempersiapkan masa depan anak dengan baik agar mampu menghadapi perubahan dan perkembangan zaman yang semakin menantang  anak kita tidak hidup dizaman kita tetapi akan hidup di zamannya.Seperti Sabda Rasulullah:

“Didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya” (al-Hadist)
 
Suatu hari  'Uqbah bin Abi Sufyan menyerahkan anaknya kepada seorang guru, ia mengatakan," Hendaklah yang pertama kali Engkau lakukan untuk memperbaiki anakku adalah memperbaiki dirimu sendiri, karena penglihatan mata mereka adalah tertumpu pada penglihatanmu; apa yang baik pada mereka adalah apa yang menurutmu dianggap baik, dan yang jelek pada mereka adalah apa yang menurutmu dianggap jelek. Ajarkanlah kepada mereka biografi orang-orang bijak dan akhlak orang-orang berbudi; ancamlah mereka dengan diriku dan didiklah mereka tanpa membandingkan dengan diriku; Jadilah Engkau seorang dokter yang tidak memberikan resp obat sampai mengetahui penyakit yang diderita pasien; janganlah Engkau membatasi hanya kepada sesuatu yang tidak bisa aku lakukan, karena sesungguhnya aku telah mempercayakan sepenuhnya akan anakku."

 Ayah, bunda….

Jika para orang tua dengan penuh cinta  dan sadar  bertanggung jawab atas pendidikan anak, dan atas pembentukan dan persiapan mereka menghadapi kehidupan, maka sudah barang tentu harus mengetahui dengan jelas dan pasti akan konsep, proses dan  batas-batasnya.

Bagaimana  tahapan  yang sempurna, dan tentang berbagai dimensi yang memiliki visi yang jelas, sehingga orang tua mampu menegakkan tanggung jawab dengan sempurna dan penuh makna cinta dan ibadah.


Artikel ini hanya pengantar buku yang saya persembahan bagi para pendidik dan para  orang tua untuk lebih menyadari pentingnya pendidikan ekonomi  Islam sebagai bagian dari project terhebat sepanjang zaman bernama ” Tarbiyatul Aulad  “ sebuah keniscayaan yang tidak bisa terpisahkan dalam kehidupan kita.
 “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka……., Q.S. A-Tahrim/66: 6
 Salam Peluk untuk nanda tercinta......

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Pelangi Hati Husna. All rights reserved.
Blogger template created by Templates Block | Start My Salary
Designed by Santhosh